Menghitung Spread dan Komisi, Maksimalkan Investasi Anda

Hai sobat investor,
Berikut ini saya akan ajak Anda coba melirik dan menghitung penawaran-penawaran yang menggiurkan. Untuk merencanakan dan mengelola modal di bisnis trading, kita tentu saja bekerja sama dengan pihak pialang yang menyediakan fasilitas. Tapi ada kompensasi yang investor berikan yaitu dalam bentuk spread dan komisi. Mengapa penting untuk memperhatikan spread dan komisi?Spread adalah selisih harga jual dan beli dari harga yang terdapat di bursa. Biasanya minimal 2 point (tergantung produknya) dan bisa saja melebar tergantung marketnya. So, sangat tidak masuk akal bila ada yang menawarkan fix spread karena spread itu sifatnya floating. Mana ada sih yang bisa mempermainkan market. Hehehe… Itu bahasa jualan saja. Selain investor di bebankan spread, juga di bebankan komisi. Komisi adalah kompensasi untuk jasa pialang yang menyediakan fasilitas trading seperti suggest, berita, perencanaan keuangan, dll. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mencari patner finansial yang menawarkan spread rendah dan komisi murah. Jelas hal tersebut sangat menguntungkan nasabah.

Mari kita berhitung…..Seandainya Anda memiliki Modal/Margin Rp. 100.000.000,- / $10.000  untuk bermain di LOCO-LONDON (emas).

Fakta  modal yang Anda miliki adalah 10 lot  dengan ketahanan dana 100 point
Kontrak size 1 point $100

  • BEP dana potongan untuk perusahaan dalam 1x transaksi. So, karena dalam 1x transaksi dana Anda sudah di potong senilai point di atas. Bila ingin profit Anda harus mencari diatas sejumlah point tersebut.  Dalam hal ini market emas.

Misalnya :
Bila Anda melakukan 30 kali transaksi  maka potongan yang akan di bebankan kepada Anda untuk perusahaan C besarnya 30 x $100 (BEP). So, dana Anda terpotong sebesar $3000 untuk kompensasi kepada perusahaan C tersebut.  Akan berbeda nilainya bila Anda bekerja sama dengan perusahaan A, Anda hanya mengeluarkan senilai $2400. Jadi perusahaan A jauh lebih murah $600. Sehingga ketika Anda memilih perusahaan A, modal Anda save $600. So, modal Anda di perusahaan C hanya tersisa $7000 untuk bertransaksi, sedangkan di perusahaan A, modal Anda jauh lebih besar yaitu $7600.

Sudah bisa mengira-ngira berapa ketahanan modal dan seberapa besar Anda bisa memaksimalkan modal Anda?

*Semakin murah komisi, semakin maksimal keuntungan Anda. Apa bisa no commission?pemerintah menetapkan regulasi transaksi minimal $25.000 untuk penerapan no commision. Terkadang Ada perusahaan yang bisa di nego untuk nilai komisinya bukan untuk spread. Bicarakan dengan broker Anda untuk perihal tersebut. Biasanya ada syarat dan ketentuan tersendiri