Euro Semakin Tergeret, KTT 9 Kurang Tegas

Diantara beberapa mata uang utama, Euro mengalami pelemahan terbanyak di perdagangan hari Jumat (9/12) bahkan hingga mencapai level rendah $1.3307-Reuters. Keterpurukan ini berawal dari keputusan Bank Sentral (ECB) yang memangkas suku bunga zona Euro sebesar 25 bp menjadi 1%. Selain itu ECB juga menunjukkan seakan pihaknya tidak akan melakukan ekspansi pembelian obligasi lagi untuk memacu pertumbuhan.

Kapan krisis eropa akan berhasil?

Sentimen kian diperparah, setelah di hari pertama pertemuannya, KTT ke 9  belum juga menghasilkan tindakan tegas untuk meringankan kawasan yang telah dilanda krisis fiskal selama beberapa tahun ini. Bahkan dalam rapat tersebut negara Jerman menolak beberapa langkah kebijakan dalam draft kesimpulan dari pertemuan tersebut. Nah, kecemasan seputar penanganan krisis Eropa semakin kritis, dan  kembali menekan Euro hingga ke teritori negatif, termasuk juga dengan mata uang utama dunia lainnya.

Secara teknikal trend EUR hari ini masih terpantau bearish karena indikator Moving Average dan Stochastic-harian membentuk kurva down trend, termasuk MACD berada di zona negatif. Kondisi tersebut memungkinkan bagi EUR untuk melemah kembali ke area support terdekat 1.3300 untuk melanjutkan ke 1.3260 hingga 1.3212