Market review

Jelang kebijakan ECB, Euro pesimis?
Euro kembali diperdagangkan melemah versus Dollar AS pada hari Rabu setelah komentar seorang pejabat senior Jerman yang mengikis optimisme pasar terhadap KTT Uni Eropa, di mana pelaku pasar berharap para pemimpin Eropa akan mampu menghasilkan solusi untuk menanggulangi krisis hutang di kawasan Eropa. Berlin semakin pesimis jika kesepakatan dalam menangani masalah hutang dapat tercapai dalam pertemuan puncak nanti, mengingat beberapa pemerintah nampaknya tidak benar-benar memahami permasalahan secara mendasar. Di samping itu, sejumlah analis berpendapat, para investor mungkin akan mulai berhati-hati dalam mengambil posisi menjelang KTT Uni Eropa dan juga pertemuan kebijakan European Central Bank pada hari Kamis. ECB diperkirakan secara luas akan memangkas suku bunga pada pertemuan kali ini, sebagian pelaku pasar nampaknya juga percaya jika ECB akan bertindak lebih agresif guna memerangi krisis.


Bagaimana pengaruh Kejatuhan Sektor Industri terhadap Pounds?
Poundsterling berbalik mendominasi Dollar AS dan mendekati level tertinggi sejak Maret terhadap euro di hari Rabu, seiring meredanya optimisme KTT Uni Eropa pada akhir pekan nanti dapat menghasilkan kesepakatan yang komprehensif guna mengatasi krisis.
Fokus investor yang terus tertuju ke zona Euro sepanjang pekan ini juga telah mengalihkan perhatian para investor dari data ekonomi Inggris yang lemah, dengan terus mengalirnya permintaan untuk mata uang Inggris menjelang rapat BoE hari Kamis. Data Inggris hari Rabu menunjukkan output sektor industri bulan Oktober merosot pada laju tercepat dalam 6 bulan terakhir, yang beresiko menenggelamkan ekonomi ke jurang resesi menyusul buruknya serangkaian data bisnis. “Untuk saat ini, setiap perkembangan tentang KTT Uni Eropa terus menjadi faktor penggerak utama Sterling, meskipun terbukti sangat sulit untuk melakukan perdagangan,” kata Kathleen Brooks, direktur penelitian FOREX.com.
Asia Optimis Krisis Eropa Selesai
Bursa saham Asia menguat seiring munculnya keyakinan ancaman pemangkasan peringkat kredit S&P dapat memaksa Eropa untuk temukan solusi demi akhiri krisis utang pada pertemuan di akhir pekan ini. Sentimen juga membaik setelah Financial Times laporkan para pemimpin Eropa tengah diskusikan penambahan dana bailout yang tentunya dapat menambah amunisi Eropa untuk perangi krisis.
Nikkei raih level tinggi empat minggu akibat munculnya harapan pemimpin Eropa dapat susun rencana kredibel untuk akhiri krisis utang. Mitsui OSK Lines melejit 11,2% setelah mengumumkan akan membentuk layanan supertanker bersama dengan perusahaan Denmark dan Singapura demi tingkatkan daya saing di tengah ketatnya persaingan bisnis.
Kospi naik 0,9% setelah ancaman S&P berhasil yakinkan investor jikalau petinggi Eropa akan bersunguh-sungguh diskusikan solusi untuk selesaikan masalah utang. Hyundai Development melonjak 7,9% setelah pemerintah katakan akan turunkan pajak bagi pemilik rumah yang miliki lebih dari satu rumah dan kurangi suku bunga pinjaman bagi yang baru pertama kali membeli rumah.
Hang Seng catatkan level penutupan tertinggi dalam tiga minggu terakhir; namun rendahnya volume perdagangan isyaratkan kehati-hatian investor jelang pertemuan puncak Eropa dan publikasi data inflasi Cina di akhir pekan. China Shipping Container Lines, anak perusahaan China Shipping (Group),  melonjak 11% setelah pimpinan perusahaan Li Shaode katakan ada peluang untuk akuisisi di tahun 2012.
Optimisme Eropa Mengangkat Wall Street
Bursa saham AS berhasil naik pada menit-menit terakhir perdagangan hari Rabu menyusul laporan bahwa G20 sedang mempertimbangkan program pinjaman IMF senilai 600 milyar dollar untuk zona Eropa, namun saham terkoreksi dari level tinggi setelah IMF membantah laporan tersebut. Investor juga tetap fokus dan menanti KTT Uni Eropa akhir pekan ini. G20 sedang mempertimbangkan fasilitas pinjaman IMF senilai 600 milyar dollar untuk Eropa guna mengatasi krisis hutang zona Eropa, menurut surat kabar Nikkei. Bagaimanapun juga, pihak IMF telah membantah laporan tersesbut.
“Kita sedang menanti berita apa yang akan keluar dari Eropa—karena pasar digerakkan oleh kabar tersebut,” ucap Todd Schoenberger, direktur manajer pada LandColt Trading. “Dan semakin dekatnya KTT, kita semakin optimis akan berita bagus. Jika G20 akan meminjamkan senilai 600 milyar dollar, itu akan sangat bagus bagi bursa saham.” Sementara itu, S&P menempatkan peringkat AAA milik Uni Eropa dan sejumlah bank-bank Eropa dengan rating tinggi dalam pengawasan dengan implikasi negatif. Sebelumnya, S&P juga mengatakan dapat memangkas rating kredit sejumlah bank di AS, seiring langkah menerapkan kriteria penilaian baru yang diumumkan bulan lalu.
“Eropa menggerakkan pasar dan jika mereka tidak dapat mencegah penyebaran, itu akan menghilangkan kemampuan kita untuk menurunkan tingkat pengangguran dan kemampuan kita untuk bertumbuh,” ucap Kevin Brungardt, kepala RoundPoint Financial Group. Brungardt memperkirakan ekonomi akan terus “merangkak” dan pasar perumahan akan mulai membaik pada awal 2013.